Connect with us

Abdimas Dosen Fasilkom Ubhara Jaya Beri Pelatihan Pembuatan WEB di Muhammadiyah Boarding Lab School

Foto: Piagam Penghargaan Kegiatan Pelatihan Website

Pendidikan

Abdimas Dosen Fasilkom Ubhara Jaya Beri Pelatihan Pembuatan WEB di Muhammadiyah Boarding Lab School

JAKARTA (galaksi.id)– Salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya memberi pelatihan berupa pembuatan WEB di Muhammadiyah Boarding Lab School.

Pelatihan pembuatan WEB tersebut, adalah dalam rangka untuk membantu lembaga menyampaikan kepada informasi terutama bagi para wali santri yang sering terkendala karena Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga wali santri kurang dapat mengikuti perkembangan santri.

Abdimas kali ini dilakukan UBHARA JAKARTA JAYA di Muhammadiyah Boarding Lab School yaitu lembaga pendidikan sekaligus sebagai pesantren Ma’had Tahfizul Qur’an yang beralamat di Jl. PU Kp. Cinyosog RT. 002 RW. 001, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Berada di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bekasi.

Ketua Tim Abdimas, Prima Dina Atika, S.Kom., M.Kom. menegaskan bahwa tujuan pembuatan WEB, mempermudah penyampain informasi kepada wali santri yang saat ini mukim di Pesantren Muhammadiyah.

“Pada tahap awal perlu dibuatkan WEB untuk keperluan di atas, selain itu untuk mempercepat. Menjawab permasalahan tersebut maka dibuat Sistem Informasi WEB Sekolah.” Jelas Prima pada keterangan tertulisnya kepada awak media ini (20/05);

Dijelaskan Prima, lembaga tersebut merupakan Pesantren atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Boarding School, yaitu salah satu lembaga pendidikan formal yang memperhatikan perkembangan peserta didik atau santri dari segi mental dan spiritual yang sangat ketat.

“Selain pembentukan karakter para Santri yang kelak akan terjun di masyarakat harus pula mempunyai dasar pengetahuan bidang teknologi ini,” ujar Prima.

Menurut Prima, saat ini pola komunikasi dengan media digital elektronik bisa menyampaikan berbagai jenis dan bentuk pesan secara komprehensif dan bersamaan waktunya. Salah satu pola komunikasi, lanjutnya, dengan media world wide web (www) yang mampu menyampaikan pesan berupa teks, gambar, animasi, dan video.

Baca juga  Berikut Sambutan Rektor Ubhara Jaya pada Wisuda Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

“Menurut Praktisi Ilmu Komunikasi Media world wide web (www) merupakan jembatan untuk menguasai lalu lintas pesan, data, dan informasi secara luas, cepat dan tepat dalam membangun jaringan komunikasi dunia,” sambung Dosen Tetap Fasilkom Ubhara Jaya itu.

Ia pun berpendapat, dunia pendidikan pun harus mengikuti perkembangan teknologi dalam meningkatkan pelayanan serta interaksi yang lebih komprehensif dengan orang tua atau wali murid siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, kata Prima, ada beberapa keuntungan jika sekolah memiliki website, antara lain dapat dengan mudah melihat data-data tentang sekolah tanpa berkunjung, dapat berinteraksi langsung dengan sekolah dalam waktu yang sangat singkat efektif.

“Menyajikan perkembangan informasi pada Muhammadiyah Boarding Lab School dan Memudahkan pihak sekolah untuk menyampaikan informasi seputar pengumuman dan berita sekolah,” pungkas Prima.

Perlu diketahui, Abdimas di Muhammadiyah Boarding Lab School dipimpin oleh Dosen Fasilkom Prima Dina Atika, S.Kom., M.Kom. dosen lain yang menyertainya, adalah Hadi Kusmara , S.Kom., M.Kom., Sugiyatno, S.Kom., M.Kom. dan Mukhlis, S.Kom., M.T. (SR/Red).

Risalah Kebenaran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan

To Top