Connect with us

Menteri Desa Kunjungi Lamongan, pantau Kinerja Pemerintah Desa dan BUMDesa

Foto: Rombongan Menteri Desa PDTT Tiba Pendopo Kabupaten Lamongan

Birokrasi

Menteri Desa Kunjungi Lamongan, pantau Kinerja Pemerintah Desa dan BUMDesa


LAMONGAN (galaksi.id)– Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar bersama rombongan hari ini (Sabtu, 5/6/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan Jawa Timur, guna memantau program-program nasional di bawah koordinasi kementeriannya.

Menurut siaran pers Humas TPP P3MD, dalam kunjungan kerja ini, Rombongan Menteri akan didampingi oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berserta staf OPD, ke semua lokasi kunjungan kerja, antara lain ke Desa Kendal Kec. Sekaran, khususnya Taman Wisata Bahagia Mahoni.

Lebih lanjut Humas TPP P3MD menyatakan bahwa dalam kunjungannya ke Desa Kendal, Menteri akan berdialog dengan Pemerintah Desa, Pengurus BUMDes, serta warga masyarakat setempat, dan akan diakhiri dengan penyerahan Sertifikat SDGs Desa kepada pemerintah desa yang telah menuntaskan kerjanya serta kepada Perwakilan TPP P3MD Lamongan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin, Pembanguan desa di wilayahnya maju pesat. Desa Mandiri di Lamongan meningkat lebih dari 100% dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2020 hanya ada 16 desa mandiri, sedangkan pada tahun ini, 2021, naik menjadi 34 desa berdasarkan pemutahiran IDM 2021 dari 462 desa di Kabupaten Lamongan.

Capaian kinerja tersebut, menurut Khusnul, tak dapat dipisahkan dari peran serta TPP P3MD Kabupaten Lamongan. Bahkan, persiapan menyambut kunjungan menteri ini, sepenuhnya atas dukungan teknis dari TPP P3MD.

Koordinator TPP P3MD Kabupaten Lamongan, Iskandar NH, membenarkan keterangan Kadis PMD bahwa upaya menyambut kunjungan Menteri ini, diakuinya telah dipersiapkan oleh pihaknya sejak beberapa hari yang lalu, yakni sejak hari Kamis hingga Sabtu dini hari (3-5/6/2021), meliputi penyiapan tempat, lokasi serta sejumlah data-data pendukung lokasi yang akan dikunjungi menteri.

Baca juga  Kabupaten Lamongan meraih peringkat 27 Nasional dalam Pemutahiran Data IDM

Tidak itu saja, tim TA P3MD juga menyiapkan segala sesuatu, baik data dan dokumen yang dianggap perlu terkait dengan kunjungan menteri tersebut, mencakup IDM, SDGs, dan penyaluran BLT DD yang akan dilaporkan saat kunjungan kerja.

“Meski dalam komunikasi awal akan berkunjung memantau BUMdesa terbaik dan terpilih di Lamongan, tetapi TPP P3MD Lamongan tetap mempersiapkan segala hal termasuk soal data teknis terkait Dana Desa yang tersalur 2021 se-Kabupaten Lamongan,” kata Iskandar didampingi Tim TA TPP P3MD Lamongan, dalam siaran persnya Sabtu pagi (5/6/2021)

Iskandar menambahkan persiapan kedatangan Gus Menteri Desa PDTT ini juga dibantu sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya DPMD Lamongan beserta staf. Khusnul Yaqin selaku Ketua DPMD Kab. Lamongan juga ikut turun Chek lapangan bersama-sama dengan TA TPP P3MD Lamongan, yaitu ke Desa Kendal Kec. Sekaran, khususnya Taman Wisata Bahagia Mahoni yang direncanakan akan menjadi lokasi kunjungan kerja Gus Menteri Desa.

“Sejak Kamis lalu semua persiapan sudah dimulai termasuk koordinasi dengan pemdes Desa Kendal beserta pengurus BUMDesanya, semoga semuanya lancar,” ungkap mantan fasilitator Kecamatan di Pamekasan pada program PNPM itu.

Lebih lanjut menurut Khusnul, Menteri (panggilan akrab Menteri Desa), juga berencana melakukan takziah ke rumah almarhum Bupati Lamongan periode 2010-2020, Mohammad Fadeli yang baru saja meninggal dunia akibat terpapar covid-19. (Red).

Risalah Kebenaran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Birokrasi

To Top