Connect with us

Tiga Bacakades di-3 Desa di Sumenep Digugurkan oleh Bupati

Foto: Illustrasi

Hukum

Tiga Bacakades di-3 Desa di Sumenep Digugurkan oleh Bupati

SUMENEP (galaksi.Id)- Kabar mengejutkan muncul menjelang pelaksanaan Seleksi Tambahan terhadap sejumlah Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang berasal dari sejumlah desa yang jumlah Bacakadesnya lebih dari 5 orang.

Pasalnya, Bupati Sumenep melalui Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sumenep, yang juga merupakan Panitia I Tingkat Kabupaten, membatalkan 3 Bacakades di tiga desa, yakni Desa Kalikatak Kec. Arjasa, Desa Guluk-Guluk Kec. Guluk-Guluk, dan satu Bacakades di Desa Poteran Kecamatan Talango.

Pembatalan terhadap Ketiga Bacakades tersebut dikabarkan telah dikirimkan oleh Bupati Sumenep kepada panitia pemilihan tingkat desa melalui camat masing-masing, kemarin, Selasa, 08/06/2021.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kab. Sumenep, Moh. Ramli., S.Sos., M.Si, melalui sambungan telponnya kepada awak media ini (09/06).

“Iya, saya dengar begitu. Ada tiga Bakal Calon Kades di tiga Desa yang tidak memenuhi syarat administrasi,” ujar Ramli kepada awak media ini;

Menurut Ramli (panggilan akrabnya), ketiga Bacakades tersebut dinilai tidak memenuhi syarat administrasi karena terbukti pernah melakukan tindak pidana yang ancaman pidananya lebih dari 5 tahun, dan belum mencapai 5 tahun sejak terakhir menjalani masa hukuman.

Kendati demikian, hingga saat ini belum diperoleh informasi yang pasti mengenai tindak pidana apa yang dilakukan oleh 3 orang Bacakades tersebut yang ancaman pidananya di atas 5 tahun.

Selain itu, belum diketahui pasti akibat yang akan ditimbulkan adanya surat bupati tersebut yaitu Ketiga Bacakades tersebut masih dapat mengikuti Seleksi Tambahan apa tidak yang pelaksanaannya akan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2021 mendatang.

Sementara itu, Camat Arjasa, Husairi Husein., S.Sos.,MM., membenarkan tentang surat dari Bupati Sumenep tersebut karena pihaknya telah menyampaikan surat dari bupati Sumenep tersebut kepada Panitia Pilkades Desa Kalikatak yang telah diterima oleh paniti tersebut kemarin tanggal 08 Juni 2021.

Baca juga  Pengadilan Perintahkan Pilkades Desa Poteran Ditunda, berikut Penjelasannya!

Terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Desa Poteran dan Desa Guluk-Guluk, hingga berita ini tayang belum memberikan keterangannya kepada awak media dimana pertanyaan yang diajukan melalu chatt whats’App hanya di baca dan tidak di balas. (Eva/Red).

Risalah Kebenaran

1 Comment

1 Comment

  1. SefaqirDulla

    Juni 9, 2021 at 10:13 pm

    Rowet kalu urusan *Politik* yg mengacu pada *Poli teknis* =beranika ragam kepentingan pribadi, Golongan tertentu, dll.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Hukum

To Top