Connect with us

    Birokrasi

    Raih Juara 4 Desa Terbaik Tingkat Propinsi, Thabrani: Desa Lobuk Akan Jadi Kiblat Percontohan Desa Membangun;

    Spread the love

    SUMENEP (galaksi.id)– Terungkap sudah sejumlah desa terbaik di lingkungan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Desa Lobuk yang merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumenep, ternyata masuk sebagai salah satu desa Terbaik ke-4 dari 7.724 Desa di Jawa Timur.

    Predikat juara ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur dengan Keputusan No: 188/466/KPTS/013/2021 tanggal 23 Agustus 2021, dan kemudian diberitahukan kepada Desa Lobuk melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumenep dengan Surat No.: 411.2/7878/112.2/2021, tanggal 30 Agustus 2021.

    Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PUEM) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumenep, Thabrani., STP., predikat juara yang diperoleh Desa Lobuk, diberikan setelah melalui penilaian oleh tidak kurang dari 11 orang tim juri lintas instansi, baik vertikal maupun horizontal, di Jawa Timur.

    Lebih lanjut dikatakan Tabrani, kreteria juara juga didasarkan pada indikator yang ditelah ditetapkan oleh Peraturan Perundang-undangan, mencakup Bidang Adminitrasi dan Capaian Kinerja Pemerintahan, yang dijaring melalui ajang lomba desa/kelurahan se Jawa Timur oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Propinsi Jawa Timur Tahun 2021.

    Tabrani yakin pasca keluar sebagai Desa Juara, Desa Lobuk akan mulai kebanjiran tamu lintas desa di Nusantara untuk belajar bagaimana menata dan mengembangkan desa yang selaras dengan tujuan hidup bernegara, yaitu mewujudkan masyarakat yang Adil, Makmur, dan Akuntabel.

    Menurut Thabrani, Pemerintah Desa Lobuk sudah layak memperoleh predikat juara, dan (bahkan), dalam ukuran tertentu dapat menjadi Juara 1. Bukan juara-4. Pasalnya, dengan Sumberdaya yang Terbatas akan tetapi Desa Lobuk mampu menggerakkan ekonomi dengan sangat baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuknya.

    “Lobuk Luar Biasa, ya. Meski sumberdaya terbatas, tapi ekonomi masyarakatnya tumbuh dengan baik,” Ujar Thabrani bangga kepada wartawan melalui sambungan telponnya. (11/09).

    Thabrani juga mengaku sangat bangga karena upaya yang dilakukan oleh pihaknya selama ini tidak sia-sia. Pasalnya, butuh waktu yang panjang serta ketekunan yang ekstra untuk dapat mengirim perwakilan Sumenep di ajang lomba Desa/Kelurahan di tingkat Propinsi.

    Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumenep menjaring desa terbaik di Kabupaten Sumenep dimana Lobuk menjadi juara 1 tingkat kabupaten sehingga dikirim ke tingkat ke provinsi untuk diadu dengan desa-desa lain di Jawa Timur.

    Predikat juara bagi Desa Lobuk juga memperoleh apresiasi dari salah satu aktivis di Kabupaten Sumenep, Kurniadi. Menurut Kurniadi, Keberhasilan Desa Lobuk dalam memperoleh juara tidak dapat dilepaskan dari kemampuan Kepala Desanya.

    Pasalnya, dikatakan Kurniadi, Kepala Desa Lobuk mampu menggerakkan Sumberdaya Manusia yang ada di desanya sehingga keseluruhannya ikut berpartisipasi dan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pembangunan.

    “Masyarakat dilibatkan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan. Ini luar biasa,” Tegas Kurniadi, kepada wartawan.

    Sementara itu, Kepala Desa Lobuk, Moh. Saleh., S.Pd., M.Pd., hingga berita ini tayang belum bisa memberikan keterangannya. (Eva/Red).

    Newsletter Signup

    Comments

    Tak Percaya Orang Mati Hidup Kembali, Pengacara Lapor Polisi

    Hukum

    Mundur Dari Calon Dewan Pendidikan, Kurniadi Sebut Ibnu Hajar Sedang Memberi Pelajaran Tingkat Tinggi

    Politik

    Tetap Melaksanakan Pilkades Desa Poteran, Kurniadi Pastikan Akan Tuntut Panitia dan Bupati Sumenep Ganti Kerugian Secara Tanggung Renteng

    Hukum

    Diseruduk Warga, Ketua Panitia Pilkades Desa Poteran Kaget Merasa Tak Pernah Tau Ada Perkara Dipengadilan

    Hukum

    Advertisement
    Newsletter Signup