Connect with us

    Galaksi.id

    Kepala Desa Lobuk Dapat Piagam Penghargaan Gubernur Jatim, Ramli Akui Desa Lobuk Luar Biasa!

    Spread the love

    SUMENEP (galaksi.id)– Dari 7.724 Desa di Jawa Timur Desa Lobuk, yang merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumenep, masuk sebagai Desa Terbaik ke-4 se-Jawa Timur.

    Keberhasilan Desa Lobuk tersebut telah dipandang wajar untuk memperoleh piagam penghargaan berikut sejumlah bantuan dari Gubernur Jawa Timur pada hari ini sebagai apresiasi atas keberhasilan tersebut.

    Acara serah terima piagam penghargaan tersebut dilaksanakan disalah satu hotel di Surabaya bersamaan dan dibarengkan dengan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemrop Jatim yang ke- 76, pada hari ini, Selasa, 12/10/2021.

    Penyerahan bantuan dan Piagam Penghargaan tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Timur, Sukaryo., SH., MM.

    Sementara itu, terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli., S.Sos., M.Si., selaku pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sumenep yang membidangi urusan Pemerintahan Desa di Sumenep mengatakan bahwa Desa Lobuk sudah wajar memperoleh status desa terbaik tersebut.

    Pasalnya, kata Ramli, penetapan desa terbaik tersebut sebelumnya telah melalui suatu proses penjaringan yang ketat dimana ditingkat Kabupaten, in casu, Kabupaten Sumenep, Desa Lobuk merupakan Juara-1 dalam suatu perlombaan desa se-Kabupaten Sumenep tahun anggaran 2021.

    Lebih lanjut dikatakan Ramli, ajang penilaian evaluasi dilakukan dengan berdasarkan pada indikator yang ditelah ditetapkan oleh Peraturan Perundang-undangan, mencakup Bidang Adminitrasi, Capaian Kinerja Pemerintahan, dan seterusnya.

    Ramli mencontohkan salah satu keistimewaan Desa Lobuk, antara lain dari sudut Adminitrasi. Menurut Ramli, asministrasi Pemerintahan Desa sangat lengkap dan selain itu formatnya telah menyesuaikan seluruhnya dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    “Adminitrasinya saja Desa Lobuk sudah luar biasa, ya. Tiada duanya di Sumenep!,” Terang Ramli kepada wartawan melalui sambungan telponnya (12/01).

    Selain itu, dari sudut capaian kinerja, Desa Lobuk mampu menggerakkan ekonomi masyarakat secara luar biasa terutama dalam mendayagunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimilikinya.

    Bahkan, kata Ramli, BUMDes Desa Lobuk tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, melainkan juga mampu memberikan kontribusi terbesar dalam memberikan Pendapatan Asli Desa (PADEs).

    “Lobuk Luar Biasa, ya. Selamat ya,” Ujar Ramli bangga kepada wartawan. (12/10).

    Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumenep menjaring desa terbaik di Kabupaten Sumenep dimana Lobuk menjadi juara 1 tingkat kabupaten sehingga dikirim ke tingkat ke provinsi untuk diadu dengan desa-desa lain di Jawa Timur.

    Sementara itu, Kepala Desa Lobuk, Moh. Saleh., S.Pd., M.Pd., hingga berita ini tayang belum bisa memberikan keterangannya karena berdasarkan informasi masih berada di Surabaya mengikuti perayaan peringatan HUT Jawa Timur. (Eva/Red).

    Newsletter Signup

    Comments

    Tak Percaya Orang Mati Hidup Kembali, Pengacara Lapor Polisi

    Hukum

    Mundur Dari Calon Dewan Pendidikan, Kurniadi Sebut Ibnu Hajar Sedang Memberi Pelajaran Tingkat Tinggi

    Politik

    Tetap Melaksanakan Pilkades Desa Poteran, Kurniadi Pastikan Akan Tuntut Panitia dan Bupati Sumenep Ganti Kerugian Secara Tanggung Renteng

    Hukum

    Diseruduk Warga, Ketua Panitia Pilkades Desa Poteran Kaget Merasa Tak Pernah Tau Ada Perkara Dipengadilan

    Hukum

    Advertisement
    Newsletter Signup