Tak Percaya Orang Mati Hidup Kembali, Pengacara Lapor Polisi

JMN
By JMN
3 Min Read

SUMENEP (galaksi.id)– Pemilihan Kepala Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kab. Sumenep tanggal 25 November 2021 yang lalu, tampaknya akan menyisakan masalah yang berkelanjutan.

Pasalnya, Calon Kepala Desa atas nama Rudiyanto yang dikabarkan telah meninggal dunia pada tanggal 20 Juli 2021, akan tetapi pada saat hari “H” Pemilihan terdapat beberapa Saksi dari calon yang meninggal dunia tersebut yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mengantongi Surat Tugas yang ditandatangani oleh Calon yang meninggal dunia.

Fenomena tersebut menarik perhatian Kurniadi, selaku Kuasa Hukum salah satu calon lainnya atas nama Moh. Munandar yang tidak lain merupakan salah satu lawan dari calon yang meninggal dunia.

Kurniadi pun dengan ditemani oleh beberapa saksi dari kliennya langsung mendatangi Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Sumenep hari ini, Senin, 07/12/2021.

- Advertisement -
Slider Iklan A
Agustino Sulasno Arif Firmanto (plt) Hairil Fajar KPU

Kedatangan Kurniadi ke Mapolres Sumenep tersebut diakuinya dengan maksud melaporkan peristiwa tersebut sebagai tindak pidana yang harus diusut oleh Penyidik.

Disinggung mengenai pidana apa yang dapat diterapkan dalam peristiwa tersebut, Kurniadi hanya tersenyum tidak menanggapi pertanyaan wartawan.

“Nanti biar penyidik yang mencarikan pasalnya ya,! Tukas Kurniadi pendek kepada wartawan usai keluar dari ruang penyidik.

Kendati demikian Kurniadi memberi isyarat dengan perkataan pendek bahwa Calon yang sudah meninggal dunia tidak mungkin untuk hidup lagi sehingga tidak seharusnya calon tersebut muncul kembali ke dunia hanya untuk kepentingan pemilihan.

Disinggung mengenai siapa yang dilaporkannya, Kurniadi enggan menjelaskan satu persatu kecuali secara singkat menyebutkan ada belasan orang yang dilaporkannya, termasuk di dalamnya Panitia Pemilihan Kepala Desa Rubaru Tahun 2021.

“Panitia Pilkades tingkat desa juga saya laporkan, ya. Termasuk Ketua KPPS,” Ujar Kurniadi santai beberapa saat setelah keluar dari ruang penyidik.

Sebagaimana diketahui, calon yang memperoleh Suara terbanyak dalam pemilihan Kepala Desa Rubaru adalah Rudiyanto (alm) yang telah meninggal dunia jauh sebelum Pemilihan, kemudian disusul oleh Moh. Munandar sebagai calon yang memperoleh suara terbanyak kedua setelah calon yang meninggal dunia.

Sementara itu, hingga berita ini tayang, Kapolres Sumenep belum bisa dikonfirmasi. (Eva/Red).

- Advertisement -
Slider Iklan B
Komisioner KPU Anwar Syahroni Arif Firmanto (Kadis) Iklan Pamekasan
Share This Article
Leave a comment